10 Pendidikan Karakter dalam Memperingati HUT Kemerdekaan RI

10 Pendidikan Karakter dalam Memperingati HUT Kemerdekaan RI- Peringatan  Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kemerdekaan Reprublik Indonesia ( RI ) setiap tahun pasti kita lakukan. Ikut memperingati kegiatan tersebut sebagai wujud jadi warga negara yang baik. Cinta tanah air dan menghormati jasa para pahlawan.

Tapi tahukan Anda bahwa rangkaian peringatan Agustusan  tersebut banyak memberikan pendidikan karakter, baik itu untuk kalangan orangtua, pemuda, remaja bahkan anak-anak.

Berikut Nilai Karakter Yang terkandung dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus;

 

10 Pendidikan Karakter dalam Memperingati HUT Kemerdekaan RI 

 1.Religius : sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

Setiap kegiatan HUT RI pasti ada kegiatan syukuran, bersyukur kepada Allah yang telah memberikan anugrah kemerdekaan. Seperti tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Selain itu, hikmah peringatan ini akn dibahas di forum pengajian dan tempat ibadah. Bersyukur merupakan wujud sikap regius seseorang, pertanda ia membutuhkan pengabdian kepada Tuhannya.

  1. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

Semua WNI akan memperingati HUT RI, dengan corak  dan aneka ragam cara memperingatinya sesuai dengan adat istiadat daerah masing masing. Tidak seharusnya satu tempat atau daerah memaksakan sam dengan tempat lain..

  1. Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan

Peringatan HUT RI ini akan memberikan rasa disiplin tinggi. Tengok saja bagaima pasukan pengibar bendera berlatih setia hari, bertugas mengibarkan Sang Merah Putih ketika upacara mereka bertugas penuh kedisiplinan.

  1. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya

Penuh keringat, berpanas-panasan pantang menyerah, itulah karakter sejati petugas pengibar bendera, juga kita semua dalam meyiapkan kegiatannya.

  1. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

Semua jajaran panitia akan berpikir sepenuh hati, mencari model kegiatan yang akan menarik simpati warga lain, atau kresi lainnya dalam mengisi kegiatan tersebut.

  1. Semangat Kebangsaan: Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya

Tidak akan dapat dipungkiri, bahwa yang memngadakan kegiatan tersebut akan memupuk semangat kebangsaan. Bangga menjadi warga negara Indonesia.

Baca juga :

  1. Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Peringatan HUT RI akan memupuk rasa cinta tanah air. Lihatlah bagaimana banyak orang ingin mengibarkan bendera dengan cara masing-masing. Ada pendaki yang berusaha mengibarkan Merah Putih di puncak Everest, penyelam mengadakan upacara di dalam laut dan seterusnya.

  1. Menghargai Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

Nilai pendidikan karakter lainnya adalah kita akan terus berusaha mengenag jasa para pahlawan yang telah gigih berjuang menggapai kemerdekaan. Mereka mempunyai pretasi yang luar biasa. Kita wajib mengahargai pretasi mereka dengan bekerja, mengisi kemerdekaan ini.

  1. Cinta Damai : Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

Sikap ini akan menjadi bagin yang tak terpisahkan dari sosok yang memperingati HUT RI ini. Cinta damai, cinta kepada suatu kondisi yang aman, nyaman dan tenang. Dengan amanya negeri in maka akan terwujud pembangunan yang dicita-citakan.

  1. Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Sikap ini akan terasa ketika semua WNI memperingati kegiatan tesebut dengan sebaik-baiknya melakukam kegiatan sesuai yang diembannya.

Semoga artikel ini dapat bermanfa’at. Menjadikan kita WNI yang selalu mencintai Negara ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :

Banyak di cari :, Pendidikan karakter hari kemerdekaan
10 Pendidikan Karakter dalam Memperingati HUT Kemerdekaan RI | admin | 4.5