Apa Saja Persiapan Masuk Sekolah?

Read Time2 Minutes, 13 Seconds

Apa Saja Persiapan Masuk Sekolah?-Tak terasa anak-anak sudah tumbuh seiring usianya yang bertambah. Begitupun perkembangan pendidikannya, mulai beralih dari pra TK ke TK, dari TK ke SD, dan seterusnya. Perubahan ini menuntut perubahan sikap orang tua dalam mempersiapkan anak-anaknya dalam menggapai harapan yang dicita-citakan.

Seharusnya orangtua ikut menyiapkan secara dini apa saja kebutuhan mereka menjelang masuk sekolah, yoo, kita jelaskan…

Apa Saja Persiapan Masuk Sekolah?

Persiapan Administrasi ( dokumen dan keuangan )

Salah satu persiapan masuk sekolah yang utama yaitu persiapan administrasi. Sungguhpun pemerintah telah memberikan dana BOS untuk sekolah negeri, tetapi ada pula sekolah negeri atau swasta yang belum merasa cukup menggunakan dana tersebut. Sehingga orang tua harus siap menyiapkan untuk beberapa kebutuhan sekolah yang dikelola komite yang perlu dibayar, iuran, dan dokumen persyaratan untuk melengkapi pendaftaran atau daftar ulang.

Setiap jenjang berbeda tingkat kebutuhannya, sehingga orangtua yang bijak seharusnya sudah menyiapkan anggaran tersebut jauh-jauh hari sebelum pendaftaran. Harus cermat memang, termasuk menyiapkan dokumen. Orangtua jangan acuh terhadap kebutuhan administrasi dokumen. Semisal Surat keterangan lulus (Bukti lulus) yang berisikan nilai Ujian nasional, buku rapor dan lainnya….boleh jadi ketika akan digunakan, lupa atau tercecer menyimpannya.

Persiapan Seragam

Persiapan masuk Sekolah lainya adalah seragam sekolah. Uniknya biasanya seragam sudah disediakan sekolah…tetapi adapula yang memerlukanyang belum disediakan, sehingga garus mencari yang sesuai dengan standar yang ditetapkan sekolah. Perlu diingat tiap sekolah kadang berbeda seleranya. Saran kami,  sesuaikan dengan budget dan standar sekolah serta selera anak.

Persiapan Buku ( pelajaran dan tulis )

Hal lain yang perlu disiapkan saat anak hendak masuk sekolah adalah buku. Buku yang dimaksud mencakup buku tulis serta buku pelajaran. Biasanya untuk sekolah tertentu buku tersebut telah disediakan. Kita dengan mudah dapat langsung memesannya atau sekaligus pembayaran dengan anggaran yang lain. Jangan kaget kalau ada yang mempersilakan orang tua mencari sendiri….

Baca juga :

Top 5 Aplikasi Ilmu Pengetahuan Terbaik di Android

Top 5 Aplikasi Belajar Mudah Matematika di Android

Persiapan Perlengkapan Sekolah ( ATK dan lainnya )

Kebutuhan lainya adalah perlengkapan sekolah. Seperti tas, sepatu, ATK lainnya. Pastinya orangtua tidak sendirian belanja, beri kesempatan anak ikut mencari kebutuhan perlengkapan sesuai seleranya walaupun masih SD…mereka berbeda biasanya, tetapi tetap diarahkan.

Persiapan Mental

Biasakan mulai mandiri, dapat berkomunikasi serta bersosialisasi dengan orang lain. Termasuk mereka terbiasa mengelola waktu dengan teratur.

Baca juga :

Tips Lolos Tes CPNS 2018, Simak Kumpulan Contoh Soal berikut….!

Link Contoh Soal CPNS, bisa dipelajari…

Ajarkan Anak untuk Menggunakan Uang Saku dengan Bijak

Perlu pula mengajarkan kepada anak menggunakan uang dengan bijak. Biasanya semakin jenjang sekolah tinggi mereka semakin diberikan kepercayaan mengelola uang sakunya secara mandiri. Misalnya ketika SD atau SMP uang saku yang diberikan mingguan, untuk SMA sudah bulanan. Diharapkan mereka dapat menyisihkan dari uang sakunya tersebut untuk tabungan atau kebutuhan lainnya.

 

Selamat mencoba…semoga bermanfaat..

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close