Buat Anak Betah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Ramadan family photo created by rawpixel.com – www.freepik.com
image source : freepik.com

Yes, bulan Ramadhan sudah tiba. Untuk kaum muslim, bulan ini adalah waktu yang tepat untuk mendulang amal dan pahala sebanyak-banyaknya dan mensucikan diri dari segala perbuatan dosa. Untuk orang-orang dewasa,

berpuasa mungkin bukanlah tekanan ataupun masalah tapi bagi anak-anak, mereka cenderung menganggap puasa adalah sebuah tantangan yang lumayan sulit. Ya namanya juga anak-anak yang belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Buat Anak Betah Berpuasa

Disamping itu, banyak anak-anak yang mengeluh akibat berpuasa, apalagi jika mereka harus pergi ke sekolah dan mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka. Sebagai orang tua yang baik, Anda harus cepat tanggap jika anak Anda merasa tidak betah dengan menahan lapar dan dahaga. Sebenarnya, mereka mampu untuk berpuasa dengan nyaman asalkan Anda melakukan beberapa hal di bawah ini:

Siapkan menu sahur yang sehat dan bergizi

Agar anak Anda bisa bertahan sampai beduk Magrib, Anda harus menyiapkan menu sahur yang sehat dan bergizi. Anda bisa menyiapkan menu ikan bakar, sayur asem, nasi, air mineral, susu, dan buah-buahan. Pastikan bahwa porsi makan mereka cukup agar mereka tidak merasa kelapan di tengah hari.

Minta si buah hati untuk tidur siang

Setelah pulang ke sekolah, Anda sangat di sarankan untuk meminta anak Anda untuk tidur siang. Hal ini bertujuan untuk menghemat energi mereka agar tidak kelelahan setelah pulang ke sekolah.

Ajak mereka untuk menonton film kesukaan

Jika mereka mulai merasa bosan di rumah atau mau membatalkan puasa mereka, mintalah mereka untuk bersabar. Ajaklah mereka juga untuk menonton film kesukaannya agar mereka tidak merasa bosan. Dengan hal ini, Anda bisa mengalihkan perhatian mereka sehingga mereka lupa akan rasa laparnya.

Hidangkan menu berbuka puasa yang sehat

Menu yang manis dan segar sangat disarankan untuk berbuka puasa. Pastikan menu berbuka puasa tersebut sehat dan halal. Perhatikan juga porsi makan mereka. Pastikan bahwa mereka tidak terlalu kekenyangan. Kalo hal ini terjadi, Anda tidak bisa mengajak mereka untuk shalat Tarawih berjamaah.

 

Kemudian kami menyarankan untuk membaca juga Belajar Sejarah Desa Pagergunung Kabupaten Kendal Secara Singkat

Itulah Buat Anak Betah Berpuasa di Bulan Ramadhan semoga dapat Bermanfaat untuk teman-teman semua | Pendidikangratis.com
Share on: