CARA MUDAH SUKSES ULANGAN AKHIR SEMESTER

pendidikangratis.comUlangan Akhir Semester ( UAS ) atau dalam Standar Penilaian Pendidikan  tahun 2016 disebut dengan Penilaian Akhir Semester ( PAS ) akan segera dilaksanakan di semua jenjang pendidikan, SD/MI, SMP/MTs serta SMA/SMK/MA. Perlu diketahui, bahwa nilai dalam buku rapor adalah gabungan  nilai Ulangan Harian ( UH ), Ulangan tengah semester  UTS ) dan PAS dengan bobot yang ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing.

Oleh karena itu, ada baiknya Kamu menyiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi UAS atau PAS tahun ini. Berikut  beberapa tips yang mudah agar sukses dalam UAS.

CARA MUDAH SUKSES ULANGAN AKHIR SEMESTER

  • Belajarlah secara fokus, fokus dalam menyimak penjelasan guru dan fokus dalam membaca buku

Banyak materi pelajaran yang kadangkala lebih jelas dan lebih cepat dicerna ketika dijelaskan oleh guru di kelas, maka Kamu harus dengarkan dengan fokus penjelasan guru Kamu. Beranikan bertanya apabila ada yang belum dipahami.

Apabila membaca buku, fokuslah dan hindari menyepelekan sesuatu yang sudah kamu pahami.

  • Bacalah buku secara teratur

Membaca buku yan teratur akan menghindari penumpukan materi pelajaran yang harus dibaca. Selain itu, kebiasaan ini akan membuat kamu lebih santai. Tidak perlu lama, yang penting terus dilakukan sesuai jadwal atau rencana belajar.

  • Buatlah catatan kecil sebagai inti dari setiap materi pelajaran

Beberapa pelajar, senang dengan membuat catatan kecil dari inti pelajaran di buku kecil. Apabila ada waktu, sambil santai dapat melihat lagi catatan tadi. Buku yang digunakan adalah buku kecil yang cukup di saku.

Baca Juga : KUMPULAN SOAL UAS SMP/MTS KELAS VII SEMUA PELAJARAN K-13 REVISI

  • Mulai desain jadwal belajar yang lebih intensif jelang UAS

Susunlah jadwal persiapan dengan mengumpulkan semua buku atau bahan yang akan

dibaca secara bertahap. Simpanlah pada meja yang sangat  mudah untuk diambil.

  • Jangan biasakan sistim SKS ( sistem kebut semalam )

Dengan belajar teratur dari jauh-jauh hari sebelum UAS, Kamu akan terhindar dari SKS ( sistim kebut semalam ). Pola SKS yang seperti ini akan merugikan Kamu sebenarnya. Tubuh akan lemah dan saatnya Ulangan akan tidak fokus. Selain itu, ilmu yang diserap akan mudah hilang, karena tujuan belajarnya hanya semata untuk UAS.

  • Jangan pernah ingin mencontek

Mulai sekarang, kuatkan tekad dalam hati, bahwa UAS yang jujur dengan nilai yang diperoleh sesuai usaha belajar kamu akan membuat kamu lebih semangat belajar. Jauhi mencontek! Ketika Kamu mencontek lalu mendapatkan nilai baik, sebenarnya Kamu akan merasakan bahwa nilai yang Kamu peroleh itu tidak sah dan akan membebani kehidupan kamu selamanya.

Coba praktikkan.Semoga sukses UAS tahun ini. Salam semangat belajar.

Baca Juga :

 

CARA MUDAH SUKSES ULANGAN AKHIR SEMESTER | admin | 4.5