Cara Praktis Menyiapkan Siswa Masuk Sekolah Unggulan

Cara Praktis Menyiapkan Siswa Masuk Sekolah UnggulanHampir semua orang menginginkan anak-anaknya dapat masuk sekolah murah, gratis tetapi berkualitas. Untuk zaman sekarang sekolah unggulan itu sepertinya sulit untuk murah apalagi gratis. Tetapi cap unggulan itulah yang kemudian sekolah itu diburu. Tahukah Anda bahwa sekolah itu lebih mengutamakan tes yang dilakukan lembaganya, daripada nilai hasil tes ujian ? kemudian tes apakah yang paling besar pengaruhnya ketika dilakukan pembobotan nilai. Berikut kita terlusuri.

Cara Praktis Menyiapkan Siswa Masuk Sekolah Unggulan

Sekolah unggulan biasanya menyelenggarakan penerimaan siswa baru lebih awal. Bahkan sejak mulai semester genap. Sekitar Januari Februari untuk sosialisai kemudian pendaftaran online. Maret atau April sudah tes, dan sekitar akhir April sudah daftar ulang masuk sekolah.

Lalu bagaimana menyiapkan diri dan sekolah untuk dapat mengantarkan siswanya dapat tembus sekolah tersebut.

  1. Niatkan dengan tulus mengantarkah siswa ke sekolah tersebut

Sekolah atau orangtua siswa harus mempersiapkan diri dengan menyekolahkan siswa secara tulus, bukan karena ingin keren, bangga, terhormat atau lainnya. Juga dengan sekolah, bukan karena  sebagai pencitraan atau lainnya. Ingat kalau sudah berhasil, keren, citra baik akan datng dengan sndirinya.

  1. Susun program kegiatan

Setelah itu, susunlah program sekolah untuk mempersiapkan kegiatan agar siswa dapat diterima di sekolah unggulan. Bentuklah tim kecil sebagai koordinator kegiatan. Rancang jadwal dan materi kegiatannya.

  1. Pilihlah siswa berprestasi atau yang memiliki nilai akademis tinggi

Mulai bibitlah siswa yang relatif lebih menonjjol prestasi akademisnya. Bahkan sebaiknya, ketika siswa baru masuk sekolah segera identifikasi IQ nya. Paling tidak ketika awal naik kelas akhir  ( 6 SD/MI atau 9 SMP/MTs ) sekitar bulan Agustus sudah teridentifikasi siswanya.

  1. Laksankan bimbingan

Bimbingan yang dilaksankan di awal tahun kelas akhir masih bersifat umum, mungkin masih 2 mingguan atau seminggu sekali, tetapi ketika 2 bulan menjelang tes sebaiknya  setiapa hari. Ingat materi yang mempunyai bobot paling besar adalah tes  potensi akademik ( TPA ), psikotes atas skolastik.  Sebaiknya materi tersebut munglin lebih diprioritaskan.

  1. Asahlah mentalnya dengan mengikuti event perlombaana

Sebaiknya siswa-siswa yang sudah disiapkan itu dapat diikutsertakan dalam  perlombaan akademis seperti  olimpiade sains ( OSN )  , kompetisi sains madrasah ( KSM) atau perlomabaan lokal yang diselengarakan sekolah atau lembaga. Hal ini agar mereka terbiasa menghadapi tes dengan bentuk soal yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi HOTS dan mengasah mentalnya siap dengan kondisi sesulit apapun.

  1. Terbukalah dengan orangtua siswa

Sampaikan ke orangtua siswa perogram tersebut, melalui sosialisasi program awal tahun. Sehingga orangtua mengetahui tujuan dan targetnya.

  1. Dampingi pendaftarannya

Karena pendaftarannya online, maka pihak sekolah atau guru diusahakan bersedia mendampingi siswa ketika proses pendaftaran.

  1. Pahami proses seleksinya

Sekolah atau guru yang ditunjuk harus dapat memahami alur pendaftaran dan seleksinya. Agar tidak tertinggal atau ada dokumen yang belum disiapkan.

Baca Juga :

  1. Tes Bakat Skolastik ( TBS ) atau Tes Potensi Akademik ( TPA )
  2. Bahan Bimbingan Siswa Masuk Sekolah Unggulan

Contoh soal :

  1. Soal lainnya :

  • Contoh soal    Skolastik ppt. Unduh di sini
  • Contoh soal    Skolastik ppt. Unduh di sini
  • Contoh soal    Skolastik ppt. Unduh di sini
  • Contoh soal    Skolastik ppt. Unduh di sini
  1. 9.Dampingi ketika pelaksanaan tesnya

Sebaiknya orangtua atau guru ikut mendampingi siswa ketika pelaksanaan tesnya. Karena dipastikan akan sangat menyita waktu dan tenaga.

  1. Terima hasil tesnya dengan objektif

Setelah pengumuman, biasanya diumumkan secara online atau di surat kabar, maka terimalah hasilnya dengan hati yang terbuka. Jangan menyimpulkan negatif terhadap penyelanggara tes apalagi menyalahkan orang lain.

  1. Bersyukurlah apapun hasilnya

Bersyukur kepada Allah ketika berhasil dan tetap rendah hati serta ketika masih belum berhasil,  berusaha menyiapkan diri dengan memperbaiki hal yang dirasa masih kurang  pada proses penerimaan siswa tahun berikutnya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Amiin

Baca Juga :

Cara Praktis Menyiapkan Siswa Masuk Sekolah Unggulan | admin | 4.5