Cek Persiapan Sekolah Di Awal Tahun Pelajaran.

Read Time1 Minute, 14 Seconds

Cek Persiapan Sekolah Di Awal Tahun Pelajaran….- Bagi kalangan praktisi pendidikan, awal tahun pelajaran merupakan waktunya berbenah. Hal ini tentu saja karena  adanya keinginan  untuk meningkatkan kualitas sekolahnya. Tetapi yang lebih penting adalah upaya itu lebih mempersiapkan sekolah dalam melayani seluruh peserta didiknya.

Hal lain, tentu saja agar di hari pertama sekolah semua kebutuhan pendidikan sudah tersedia. Yuk kita lihat apa yang mesti segera disiapkan sekolah…

Cek Persiapan Sekolah Di Awal Tahun Pelajaran….

Menyusun kurikulum sekolah

Kurikulum sekolah yang dikenal dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP) harus diubah dan disesuaikan dengan misi dan visi sekolah. Lihat Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61Tahun  2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Pembagian tugas guru dan pegawai

Pembagian ini harus rinci dan disertai surat keputusan kepala sekolah. Jangan lupa sesuaikan dengan kompetensi setiap personal. Dari wakil kepala sampai tukang kebun dan keamanan.

Adakan rapat kerja

Rapat  kerja ini mutlak harus dilaksanakan, walaupun sebentar. Jelaskan kepada semua pemangku kepentingan        ( guru dan pegawai ) rencana yang akan dicapai sekolah setahun ke depan . Kalau waktunya cukup, sampaikan semua hal dari yang terbear sampai yang terkecil.

Baca Juga :

  1. Mudah Menyusun RPP ; Komponen dan Format RPP
  2. 5 Cara Mudah Mengecek Tulisan, Plagiat Atau bukan

Lengkapi semua administrasi pendidikan

Walaupun sudah ada bekas tahun sebelumnya, tetap perlu dicek kelengkapannya, sesuai dengan tahun pelajaran baru. Biasanya suka lupa formatnya masih tahun dan bulan yang lama. Ketika awal masuk sekolah, semua format sudah lengkap…ingat ! Start  yang baik sudah separuh perjalanan..

Semoga bermanfaat.

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close