Guru Profesional Abad 21

Guru Profesional  Abad 21-  Lima hal  agar guru untuk menjadi profesional, yaitu:

(1) Komitmen pada siswa dan proses belajarnya,

(2) Kompeten  dalam materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarnya kepada siswa,

(3) Kompeten  dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa melalui berbagai evaluasi,

(4) Berpikir sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya,

(5) Bersosialisasi dengan  masyarakat .

Selain itu, Guru Indonesia yang profesional di abad 21, Syarat profesionalisme guru tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

Guru Profesional  Abad 21 

  1. Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang

Guru sebagai leader di kelas, seorang guru harus menunjukkan  keteladanan di depan para siswa.Ada ungkapan,  satu keteladanan lebih baik daripada seribu nasihat. Oleh karenyanya, guru harus mengamalkan nilai-nilai dan sikap positif, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan begitu, guru akan menjadi sosok pribadi digugu dan ditiru.

  1. Kompeten dalam ilmu yang ditekuninya

Seorang guru harus kompeten dalam  bidangnya. Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan potensi akademik harus dikuasai guru secara mendalam. Pendalaman materi tersebut dapat ditempuh melalui diklat/ workshop/ seminar atau diskusi dengan teman sejawat melalui forum MGMP/ FGD. Hal ini sangat penting bagi guru karena standar minimal untuk bisa mengantongi guru profesional adalah mampu dan cakap dalam bidangnya

Baca juga :

Cara Menjabarkan IPK dari Kompetensi Dasar ( KD )

Top 5 Aplikasi Belajar Mudah Matematika di Android

  1. Mempunyai kemampuan membangkitkan peserta didik mahir dalam sains dan teknologi

Kemampuan guru dalam  membangkitkan peserta didik dalam sains dapat dilakukan guru dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, seperti yang telah digariskan dalam Kurikulum 13. Dalam Pendekatan saintifik ini mengarahkan peserta didik untuk dapat berpikir logis, kritis, dan sistematis. Pendekatan saintifik harus dimulai dengan kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan.

  1. Mampu Mengembangkan profesi secara berkelanjutan

Guru hendaknya mampu melakukan pengembangan profesinya secara berkenjutan.  PKB ini dapat dilakukan guru melalui 3 bentuk, yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan diklat, workshop, seminar, dan MGMP.

Demikian semoga artikel ini bermanfa’at. Semoga dapat diwujudkan guru profesional abad 21.

Guru Profesional Abad 21 | admin | 4.5