JUKNIS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TAHUN 2018

 pendidikangratis.com – Juknis ini bertujuan memberikan petunjuk teknis operasional berupa diskripsi proses pembelajaran pada jenjang MI, MTs dan MA berdasarkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik, yang terintegrasi dengan pembelajaran abad 21.

JUKNIS  PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN  PADA MADRASAH

Adapun  ruang lingkup Juknis pengembangan pembelajaran ini diuraikan dengan sistematika sebagai berikut:

  1. Konsep pembelajaran abad 21.
  2. Rambu-rambu pembelajaran abad 21 dalam rangka mempersiapkan peserta didik madrasah yang mempunyai daya saing.
  3. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang bertumpu pada lima pilar pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran dengan kompetensi abad 21 di madrasah, Adapun pilar-pilar itu adalah Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, learning to know, learning to do,learning to be, learning to life together. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada pembelajaran abad 21, yaitu Critical Thinking, Creative, Collaboration dan Communication (4C)

Peranan Guru dalam Pembelajaran

Berdasarkan kompetensi profesional guru, maka tugas guru dalam mengembangkan kacakapan peserta didik melalui pembelajaran sesuai dengan tuntutan abad 21 adalah sebagai berikut:

  • Merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan penilaian secara manual dan digital dengan mengintegrasikan berbagai alat dan sumber belajar yang relevan untuk mendorong peserta didik agar memiliki keterampilan berpikir lebih tinggi dan lebih kratif.
  • Memfasilitasi dan menginspirasi belajar dan kreatifitas peserta didik sesuai karakter kacakapan yang diperlukan (4K = 4C (critical thinking, creative, communication, colaboration), yang dapat dilaksanakan antara lain dengan melibatkan peserta didik dalam menggali interkoneksi antara pengetahuan yang diperolehnya dengan isu dunia nyata (real world), termasuk dalam penggunaan teknologi.
  • Merancang dan menyediakan alat evaluasi yang bervariasi sesuai tuntutan kemampuan perkembangan dan mengolahnya sehingga dapat memberikan informasi yang berguna bagi peserta didik maupun pembelajaran secara umum.
  • Menjadi model cara belajar dan bekerja antara lain dengan menunjukkan kemahiran dalam sistem teknologi dan mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi yang baru, dan berkolaborasi dengan peserta didik, teman sejawat, dan komunitas dalam menggunakan berbagai alat dan sumber yang relevan.
  • Berpartisipasi dalam pengembangan dan kepemimpinan professional antara lain dengan berpartisipasi dalam masyarakat lokal dan global untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selengkapnya  Juknis Pengembangan Pembelajaran pada madrasah dapat diunduh pada link berikut :

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 5163 TAHUN 2018 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PADA MADRASAH.  Unduh di sini

Sumber : Juknis pengembangan pemebelajaran pada madrasah

Baca juga :

JUKNIS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TAHUN 2018 | admin | 4.5