Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

Read Time1 Minute, 47 Seconds

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler untuk AnakPemahaman kegiatan ekstrakurikuler mungkin akan berbada bagi sebagian orang. Dalam konsep kurikulum, maka ekstrakurikuler merupakan kurikulum sekolah sebenarnya, hanya saja pembelajarannya lebih banyak di luar kelas. Materi yang disampaikan ke peserta didik pun tidak terdapat dalam standar isi, melainkan materi yang dikemas oleh sekolah atau dirumuskan oleh guru sesuai kegiatannya masing-masing. Kegiatn ini untuk menyalurkan potensi minat dan bakat anak.

Tetapi sebagian lagi berpandangan bahwa kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar sekolah. Sebagai  kegiatan tambahan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak. Juga agar anak berkembang lebih baik lagi di masa depan.

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

Ketika anda menutuskan untuk memberikan atau mengikutsertakan kegiatan ekstrakurikuler, beberapa hal dapat dijadikan pertimbangan :

1. Anda dapat memilih kegiatan yang dengan potensi anak

Misalkan anak ingin ikut ekstrakurikuler matematika, pilihlah waktu kegiatannya yang lebih singkat     dibanding  ekstrakurikuler lainnya. Agar anak Anda terhindar dari  kegiatan yang berlebihan dan tidak tepat   sasaran.

2. Anda dapat melibatkan anak. Dalam memilih kegiatn tersebut, cobalah diskusikan bersama anak Anda dan bicarakan apa yang anak inginkan. Anda sebaiknya hanya bertindak sebagai pemandu, yang hanya akan memberikan arahan dan bimbingan kepada anak.

Baca Juga :

3. Jangan lupakan Asupan gizi anak Anda. Pastinya Kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan setelah anak pulang sekolah akan membutuhkan energi yang lebih. Oleh karena itu, pemenuhan gizi anak saat di sekolah perlu terus diperhatikan.

4. Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan anak. Anda tentunya sangat memahami kondisi kesehatan anak Anda. Sehingga anda dapat memutuskan apakah perlu diberikan kegiatan ekstrakurikuler atau tidaka. Anda harus melihat apakah kondisi kesehatan anak mendukung untuk melakukan kegiatan lebih setelah pulang sekolah.

Anda dapat memberikan pilihan tempat ekstrakurikuler yang tidak jauh dari rumah. Agar  Anak anda tidak menghabiskan waktu terlalu lama di jalan. Sehingga  anak kelelahan sebelum menjalani kegiatannya.

Petimbangan- petimbangan itu tentu saja agar upaya menggali potensi Anak dapat terlaksana. Minat dan bakat akan tersalurkan sesuai dengan keinginan dan harapan Anak dan Anda tentunya. Ikuti kegiatan eskul di dalam ataupun luar sekolah agar dapat menunjang prestasi  belajar di sekolahnya.

Semoga bermanfa’at.

Baca Juga :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close