Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak

Sebagian orang tua menganggap bahwa asuransi pendidikan anak itu tidaklah begitu penting untuk buah hati mereka. Asumsi inilah yang membuat mereka enggan untuk membeli atau hanya sekedar mengenal produk asuransi yang satu ini.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda sependapat dengan mereka? Jika iya, perlu Anda ketahui bahwa asuransi pendidikan itu sangatlah penting untuk membantu Anda membiayai pendidikan sang buah hati mulai dari SD sampai ke perguruan tinggi.

Asuransi Pendidikan Yang Menguntungkan

Lantas apa sih sebernarnya manfaat dari asuransi pendidikan itu sendiri?

Financial education photo created by freepik – www.freepik.com
image source : freepik.com

Perlu diketahui bahwa asuransi pendidikan itu memiliki dua manfaat, yaitu:

Investasi

Hal ini berkaitan dengan tujuan asuransi pendidikan itu yaitu mengumpulkan dana untuk biaya pendidikan anak. Perusahaan asuransi pendidikan memberikan bunga lebih kurang 15% per tahun.

Besarnya persentase bunga tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi masing-masing. Dengan adanya bunga ini, jumlah polis asuransi pendidikan anak Anda akan meningkat lebih cepat jika dibandingkan dengan menabung di bank yang bunganya hanya mencapai 4% per tahun saja.

“Misalnya, jika Anda menabung di bank setiap bulannya sebesar Rp 500,000, maka jumlah tabungan Anda dalam satu tahun adalah Rp 500,000 x 12 bulan x 4% = Rp 6,240,000. Sedangkan jika Anda membeli produk asuransi pendidikan dengan asumsi bunga sebesar Rp 10% per tahun, maka polis asuransi pendidikan Anda dalam satu tahun adalah Rp 500,000 x 12 bulan x 10% = Rp 6,600,000.”

Contoh di atas terlihat cukup menggiurkan bukan? Namun, Anda dituntut untuk cerdas dalam menentukan jumlah premi asuransi pendidikan yang harus Anda bayarkan. Mengapa? Karena biaya pendidikan di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Maka dari itu, jangat kaget jika polis asuransi Anda tidak bisa mencukupi pembayaran biaya pendidikan anak Anda jika Anda hanya membayar premi dalam jumlah sedikit. Kalkulasikan perkiraan biaya pendidikan anak dengan baik agar asuransi pendidikan benar-benar dapat berfungsi secara optimal.

Silahkan kunjungi halaman study case untuk melihat contoh-contoh jumlah polis asuransi dengan jumlah premi yang berbeda-beda.

Proteksi

Ketika buah hati Anda terserang penyakit tertentu dan mengharuskannya untuk dirawat di rumah sakit, maka pihak asuransi pendidikan akan membantu Anda membayar biaya pengobatan anak Anda.

Jumlah dana yang diberikan oleh pihak asuransi tergantung pada jumlah premi dan kebijakan dari perusahaan asuransi pendidikan itu sendiri. Yang pasti Anda tidak akan kesulitan untuk membayar biaya rumah sakit dengan adanya manfaat proteksi dari asuransi pendidikan yang Anda gunakan

Kapan waktu yang tepat untuk membeli asuransi pendidikan?

Tertarik untuk membeli asuransi pendidikan, tapi bingung kapan waktu yang tepat untuk membelinya? Tenang, hal ini juga banyak dialami oleh para calon pembeli asuransi pendidikan di mana mereka bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli produk asuransi ini.

Sebenarnya, waktu yang ideal untuk membeli asuransi pendidikan adalah ketika anak belum menempuh bangku sekolah dasar. Mengapa? Semakin banyak jumlah premi yang Anda bayarkan, maka semakin besar polis asuransi yang akan Anda dapatkan nantinya. Tentu hal ini akan sangat membantu Anda dalam membiayai sekolah si buah hati.

Bagaimana jika sekarang anak Anda sudah masuk SMP atau SMA? Apakah sudah terlambat untuk membeli asuransi pendidikan? Jawabannya belum karena polis asuransi yang nantinya Anda miliki tetap berguna untuk membiaya biaya pendidikan anak saat mereka menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada intinya, mulai belilah asuransi ini dari sekarang.

Perusahaan asuransi pendidikan yang tepat?

“Di Indonesia sendirikan banyak tuh perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan, yang mana dari mereka yang menawarkan produk asuransi yang tepat?”

Jangan bingung dengan banyaknya perusahaan asuransi pendidikan di Indonesia karena pada umumnya kualitas layanan yang diberikan tidak jauh berbeda. Untuk memudahkan Anda memilih perusahaan asuransi pendidikan yang tepat, di bawah ini ada beberapa list perusahaan asuransi pendidikan yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Allianz Indonesia
  2. Asuransi Jiwasraya
  3. Asuransi Manulife Indonesia
  4. Asuransi Pendidikan Bank BCA
  5. Asuransi Pendidikan Bumiputera
  6. Asuransi Pendidikan Mandiri Finance Services
  7. Asuransi Pendidikan Prudential
  8. BNI Life Insurance
  9. Panin Life

Perusahaan mana yang akan Anda pilih?

Kemudian kami menyarankan untuk membaca juga Pengertian Waralaba Usaha Berserta 5 Jenis dan Keuntungannya

Itulah Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak semoga dapat Bermanfaat untuk teman-teman semua | Pendidikangratis.com
Share on: