Perang Makassar (1666 – 1669) merupakan salah satu perang terbesar yang dialami oleh VOC pada abad XVII. Perang tersebut dilatarbelakangi oleh?

Perang Makassar (1666 – 1669) merupakan salah satu perang terbesar yang dialami oleh VOC pada abad XVII. Perang tersebut dilatarbelakangi oleh?

  1. serangan VOC atas pelabuhan Somba Opu milik Kesultanan Makasar
  2. VOC menjadikan Makasar sebagai pelabuhan gelap perdagangan rempah-rempah
  3. keberadaan VOC yang mengganggu eksistensi perdagangan dan pelayaran di Makasar
  4. armada militer Kesultanan Makasar yang bentrok dengan kapal dagang VOC di Laut Makasar
  5. cita-cita Sultan Hasanuddin yang ingin menjadilan Makasar pusat kegiatan perdagangan di Nusantara bagian timur

Jawaban: E. cita-cita Sultan Hasanuddin yang ingin menjadilan Makasar pusat kegiatan perdagangan di Nusantara bagian timur

Dilansir dari Ensiklopedia, perang makassar (1666 – 1669) merupakan salah satu perang terbesar yang dialami oleh voc pada abad xvii. perang tersebut dilatarbelakangi oleh cita-cita sultan hasanuddin yang ingin menjadilan makasar pusat kegiatan perdagangan di nusantara bagian timur.


Itulah Penjelasan mengenai Perang Makassar (1666 – 1669) merupakan salah satu perang terbesar yang dialami oleh VOC pada abad XVII. Perang tersebut dilatarbelakangi oleh? semoga dapat membantu teman-teman semua.

Kemudian kami menyarankan untuk membaca juga pertanyaan Keberagaman suku dan adat istiadat merupakan khazanah dalam masyarakat indonesia. Setiap daerah mempunyai suku dan adat istiadat tersendiri. Bahasa tiap daerah pun beragam. Akan tetapi, bangsa indonesia mempunyai satu bahasa pemersatu yaitu bahasa indonesia. Pernyataan tersebut menunjukan bahwa…? Beserta kunci jawaban dan pembahasan lengkapnya.

Jika Masih ada Pertanyaan kalian bisa juga untuk langsung bertanya di box comment dibawah yah | Pendidikangratis.com
Share on:

Leave a Comment