Tugas Guru di Awal Tahun Pelajaran

Tugas Guru di Awal Tahun PelajaranTahun pelajaran 2017/2018 telah berakhir dengan ditandai pembagian buku laporan pendidikan kepada peserta didik melalui orangtuanya. Awal tahun pelajaran 2018/2019 pun segera bergulir. Sebagai guru profesional, tentunya banyak yang harus dipersiapakan. Walaupun hal ini sudah menjadi kegiatan setiap tahun, tetap saja  perlu waktu dalam menyiapkan semua yang terkait dengan hal tersebut.

Selain itu, perubahan kurikulum juga menjadi bagian yang harus diperhatikan guru dalam menyiapkan semua hal berkaitan dengan tugasnya. Boleh jadi ada perubahan subtansi materi ataupun secara redaksional.  Sehingga seolah mejadi hal yang baru yang harus disipakan. Berikut administrasi pembelajaran yang  perlu disiapkan sesuai kategori perencanaan pembelajaran dan menjadi penilaian dalam penilaian kinerja guru ( PKG );

Tugas Guru di Awal Tahun Pelajaran

  1. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran, yang mencakup awal tahun pelajaran, minggu efektif pembelajaran, waktu efektif pembelajaran, kegiatan ulangan dan ujian, serta hari-hari libur.

Biasanya Kalender pendidikan ini disusun oleh satuan pendidikan mengacu kepada kalender pendidikan yang disusun oleh instansi vertikal induknya. Seperti madrasah mengacu kepada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi. Sedangakan untuk sekolah biasanya dari Dinas pendidikan kabupaten/kota ataupun provinsi.

Baca juga :

  1. Link Contoh Soal CPNS, bisa dipelajari
  2. Tips Mudah Menyusun Program Semester (Promes)

   2. Program Tahunan

Program tahunan ( Prota )  merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti ( KI ), kompetensi dasar  ( KD ) yang ada dalam kurikulum. Prota berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan program umum pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dalam satu  kelas yang dikembangkan oleh guru.

Prota tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).

  1. Program Semester

Program semester ( Promes ) merupakan penjabaran dari Prota sehingga program tersebut harus disusun setelah tersusunnya Prota. Program semester berisikan garis-garis besar mengenai materi-materi  dan alokasi waktunya secara terinci yang akan dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut

  1. Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan atau sekolah.

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru

  1. Jadwal Tatap Muka

Jadwal tatap muka merupakan pembagian tugas guru dalam memberikan pembelajaran  setiap mata pelajaran untuk setiap kelas  yang disesuaikan dengan jumlah jam tatap muka dan waktu yang disediakan.

  1. Agenda Harian

Catatan guru dalam setiap proses pembelajaran dalam setiap kesempatan tatap muka di suatu kelas. Biasanya berisikan nama kelas, materi pembelajaran, waktu dan tanggal tatp muka serta kejadian atau masalah yang ditemukan.

  1. Daftar Nilai (Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan )

Berisi form penilaian dengan nama siswa setiap kelas dengan kolom kategori penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Biasanya juga disiapkan untuk setiap kompetensi dasar ( KD ).

  1. Kriteria Ketuntasan Minimal

Sesuai dengan panduan penilaian yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tahun 2016, kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.

  1. Absensi Siswa

Absensi siswa adalah daftar hadir siswa untuk setiap  pertemuan tatap muka dalam suatu kelas.

  1. Buku Pegangan Guru

Buku pegangan guru yang disusun sebagai bahan panduan atau acuan guru dalam menyampaikan materi sesuai kurikulum.

  12. Buku Teks Siswa

Buku Teks siawa adalah buku acuan guru dalam proses pembelajaran, lebih menekankan kepada materi dan lembar kerja siswa

Lebih lanjut,  form contoh setiap adminstrasi guru tersebut akan dibahas secara terinci berikutnya. Insya Allah.

Tugas Guru di Awal Tahun Pelajaran | admin | 4.5